Aliansi Palu Monggoya, Gugat Pemprov Sulteng serta 3 Perusahaan Raksasa

basrisdjulunau, 24 Jan 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PALU - Masyarakat Kelurahan Buluri dan Kelurahan Watusampu Kecamatan Ulujadi Kotamadya Palu Provinsi Sulawesi Tengah telah  mengajukan gugatan Perwakilan/Class Action yang terhimpun dalam Aliansi Palu Monggoya(APM) yang berdomisili Di Kecamatan Ulujadi Kotamadya Palu Provinsi Sulawesi Tengah menggugat, PT. Risgun Perkasa Abadi sebagai  Tergugat I, PT. Sirtu Karya Utama sebagai Tergugat  II , PT.  Watu Meriba Jaya selaku Tergugat III, dan Gubernur Sulawesi Tengah, sebagai tergugat IV, Walikota Palu sebagai tergugat V, Ketua DPRD Kota Palu sebagai tergugat VI serta turut tergugat, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Tengah sebagai turut Tergugat I, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tengah  sebagai Turut Tergugat II, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Tengah (BPMP2TSPD), sebagai Turut Tergugat III. Hal ini di tegaskan H. Irwanto Lubis SH, MH, salah satu Tim Kuasa Hukum para penggugat saat di temui di Kantornya Kamis, 23/01/2020

Menurutnya, Dalam setiap kegiatan usaha tentu ada permasalahan-permasalahan yang terjadi. Mulai dari sengketa bisnis dengan pihak kompetitor sampai persoalan regulasi dan perizinan dengan pihak Pemerintah yang seakan tidak ada habisnya.

"Hal tersebut merupakan suatu kelumrahan dalam kegiatan bisnis. Sifat kerugian yang ditimbulkan oleh orang lain kepada kita dan begitu pula sebaliknya, dikenal sebagai isitilah ‘perbuatan melawan hukum," ungkap Irwanto.

Ia mengatakan, masyarakat berdomisili di Kelurahan Buluri dan Kelurahan Watusmapu Kecamatan Ulujadi telah  mempunyai Legal Standing, sebagai penggugat perwakilan kelompok (Class action). Bahwa Peraturan Daerah Kotamadya Palu Nomor 13 Tahun 2016 Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan Tidak Mempunyai Kekuatan Hukum Mengikat.

"Perbuatan Tergugat I, Tergugat  II dan Tergugat III dengan tidak pernah sekalipun memenuhi kewajibannya dalam rangka tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan di Kelurahan Watusampu dan Kelurahan Buluri Kecamatan Ulujadi Kota Palu merupakan Perbuatan Melawan Hukum.

Perbuatan Tergugat IV dengan tidak pernah sekalipun memfasilitasi dalam pembentukan forum pengelolaan dana CSR (Corporate Sosial Responsibility) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan/CSR di tingkat  Provinsi Sulawesi Tengah adalah suatu kelalaian yang dilakukan oleh karenanya merupakan Perbuatan Melawan Hukum," urainya.

Irwanto Lubis menambahkan, sementara  Perbuatan Tergugat V dan Tergugat VI dalam menerbitkan Peraturan Daerah Kotamadya Palu Nomor 13 Tahun 2016 Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, yang mana Peraturan Daerah Kotamadya Palu Nomor 13 Tahun 2016 Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan tersebut pada pokoknya mengatur tentang pengelolaan dana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan yang pada dasarnya tidak diamanatkan oleh peraturan Perundang-undangan yang berlaku adalah serangkaian Perbuatan Melawan Hukum.

"Untuk perbuatan Turut Tergugat I, Turut Tergugat  II dan Turut tergugat  III, yang lalai dalam mengawasi dan tidak memberikan sanksi dalam mengeluarkan dana wajib Tunjangan Sosial dan Lingkungan/CSR yang seharusnya kepada Tergugat I, Tergugat  II dan Tergugat III selaku pelaku usaha dalam pertambangan Galian C atau Non Logam di Kelurahan Watusampu dan Kelurahan Buluri Kecamatan Ulujadi Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah adalah merupakan Perbuatan Melawan Hukum, jelas Bang Iwan

Lebih jauh jelasnya, sidang yang di jadwalkan pada Hari Rabu 29/01/2020 sekitar pukul 09: 00 Wita, Pengadilan Negeri Palu dengan Nomor Perkara: 6/Pdt.G/2020/ PN Palu.

“Agenda sidang sudah masuk Pengadilan Negeri Palu. Nanti jadwalnya tanggal 29 Januari 2020” Tutup Itwanto Lubis

 Basri Djulunau

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu