Anggota DPRD Dapil 4 Kembali Lakukan Sidak Pabrik Baja PT, Xing Xing

sopiyan, 14 Feb 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

TANGERANG- Kunjungan ketujuh anggota DPRD Kabupaten Tangerang dari Dapil 4, mendapat perhatian publik, khususnya masyarakat Desa Pasar Kemis, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Dimana ketujuh Dewan diantaranya, Rizki Gilang Sumantri dari Pertai Gerindra, H. Ali dari Partai Demokrat, Lesiawti Lase dari Partai PDIP, H. Nawawi dari Partai PKS, H. Roup dari Partai PKB, H. Amud dari Partai Golkar, dan AW Maulana dari Partai PAN, hal ini atas aspirasi masyarakat setempat yang meminta kejelasan izin pabrik tersebut. Kamis (13/02/2020)

Hal ini yang mendorong pihak DPRD dapil 4 untuk bisa melihat lebih dekat tentang pabrik PT Xing Xing Steel, yang pernah meledak beberapa waktu lalu dan bergerak dalam bidang baja/Steel, dimana baru ber operasi belum lama, dan seperti diketahui bahwa pabrik ini sebelumnya dikelola oleh PT Khuan Qua.

Rizky Gilang Sumantri, anggota DPRD dari Partai Gerindra, dapil 4 yang meliputi Kecamatan Pasar Kemis, Sindang Jaya dan Rajeg, dalam peninjauannya, mengatakan bahwa aspirasi yang disampaikan masyarakat Desa Pasar Kemis, terkait masalah PT Xing Xing Steel akan ditindak lanjuti kepada instansi terkait.

"Tetap nantinya kita akan tindak lanjuti masalah yang terjadi PT Xing Xing Steel terhadap warga Desa Pasar Kemis, sampai sejauh mana perizinan yang dimilikinya serta apa saja pelanggarannya," ungkap Rizky Gilang Sumantri, kepada awak media. Kamis (13/02/2020).

Hal yang sama juga dikatakan Lesiawati Lase, anggota DPRD Kabupaten Tangerang, dari Partai PDIP yang juga melihat langsung kegiatan PT, Xing Xing Steel,dimana ia merasa ada keganjilan dari perusahaan ini, dan pihaknya tetap menindak lanjuti keberadaan pabrik baja ini,apalagi sampai adanya somasi dari warga sekitar yang dekat dengan lokasi kegiatan pabrik ini.

"Kegiatan pabrik ini diduga sudah menyalahi aturan lingkungan, dimana warga merasa dirugikan dengan keberadaan kegiatan pabrik ini, selain masalah bising suaranya, pembuangan air limbahnya, serta asap pabrik yang pekat serta menyesakkan nafas dan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia," papar Lesiawati.

Sementara Chandra warga Rt 05/Rw 05 Desa Pasar Kemis, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. mengatakan kepada awak media, bahwa saat ini seluruh warga Desa Pasar Kemis khususnya Rt 04. 05/Rw 05 yang berada dilingkungan terdekat dengan pabrik PT Xing Xing Steel, merasa jengkel serta kecewa adanya usaha peleburan baja, yang sangat mengganggu lingkungan.

"Bayangkan saja, selain asap yang menyesakkan pernafasan manusia, juga air limbah dan bising suara yang dikeluarkannya yang sangat keras, ditambah adanya dentuman suara seperti suara meriam saja layaknya," ujar Chandara, warga Rt 05/Rw 05.

Dikatakan lagi, bahwa uang konfensasi yang diberikan pabrik baja kepada warga sekitar hanya Rp 100 ribu per tiga bulan, dan inipun masih ada warga yang juga belum kebagian.

"Saat ini warga sudah pada puncaknya serta jengkel bukan alang kepalang atas tindakan yang diberikan pabrik terhadap warga, yang akhirnya berbuntut panjang dan meminta kepada Pemkab Tangerang  agar pabrik baja ini segera ditutup, serta tidak mengganggu kesehatan masyarakat sekitar dan ketenangan warga atas kebisingan suara yang ditimbulkan pabrik tersebut

Sopiyan

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu