Koramil 03/Kalimanah Tanamkan Pendidikan Karakter Pada Pelajar SMP N 3 Kalimanah

INDONESIASATU.CO.ID:

PURBALINGGA. Dengan semakin morosotnya karakter bangsa yang salah satunya disebabkan oleh globalisasi, menuntut semua pihak agar membentengi dirinya sendiri dengan pendidikan, yang tak lain dan yang utama ialah pendidikan karakter.

Sebagai satuan kewilayahan Koramil 03/Kalimanah melalui para Babinsa mempunyai tanggungjawab dan kewajiban kepada semua komponen masyarakat di wilayahnya terutama pelajar sebagai generasi penerus bangasa untuk memiliki karakter yang disiplin dan bermental baja dalam melanjutkan tongkat kepemimpinan bangsa.

Menurut anggota Koramil 03/Kalimanah Sertu Rakiman, Pendidikan karakter bukan hanya tanggung jawab pendidikan formal tetapi semua stakeholder pendidikan harus terlibat dalam rangka mengembangkan pendidikan karakter ini. Bahkan pemangku kebijakan harus menjadi teladan.

Karakter sendiri merupakan sebuah itilah yang digunakan untuk penggabungan sebuah istilah etika, ahlak, dan atau nilai dan berkaitan dengan kekuatan moral, berkonotasi positif, bukan netral. Namun jika ditelisik dengan baik istilah karakter sendiri merupakan istilah mengenai sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain,
pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa karakter merupakan keseluruhan tingkah laku yang ada pada diri manusia dengan sifat-sifat yang dimilikinya secara unik. Karakter secara koheren memancar dari hasil olah pikir, olah hati, olah rasa dan karsa, serta olahraga seseorang atau sekelompok orang.

Lingkungan sendiri merupakan salah satu faktor yang penting dan memiliki peran yang besar dalam pendidikan karakter. Karena lingkungan membantu peserta didik melakukan perubahan tingkah laku sebagai hasil dari proses pendidikan karakter sangat ditentunkan oleh faktor lingkungan ini. Tuturnya. (ragil.red)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita