Dugaan Malpraktik, Bidan Desa Lembu Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang Berani Melakukan Tindakan Medis

Dugaan Malpraktik, Bidan Desa Lembu Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang Berani Melakukan Tindakan Medis
POSTU Desa Lembu Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang, Yang Tidak Di Fungsikan Menurut Keterangan Warga Desa Lembu Terpantau Kosong

SEMARANG- Desa lembu Kecamatan Bancak, kabupaten Semarang ada Bidan yang terindikasi melakukan Malpraktik yang berani melakukan tindakan medis ke pasien yang seharusnya tidak ada kewenangan, Senin ( 24/05/2021).

Bidan yang berinisial(T) Yang notabenenya hanya sebagai bidan di Desa lembu dan sudah Mengabdi  bertugas  selama lima belas tahun, Sempat Mendapat teguran dari pemerintah Desa dan masyarakat terkait kepengurusan Kartu kesehatan yang sempat ditahan pihak Bidan tersebut. Bahkan sempat di Adakan mediasi antara pemerintah Desa, kecamatan, pihak puskesmas, warga dan bidan terkait kinerjanya.

Menurut sumber yang di dapat oleh awak media, Bidan tersebut tidak menggunakan fasilitas yang ada, diantaranya Postu(Pos Pelayanan Terpadu) yang selalu tertutup tidak di fungsionalkan dan masyarakat yang akan berobat di arahkan kerumahnya yang tidak layak untuk para pasien, baik di jam kerja maupun tidak.

"Ironisnya dalam praktiknya bidan Tersebut Meminta uang jasa 70 RB hingga 90 RB kepada setiap pasien, dan berani memberi suntikan untuk pengobatannya.

Ditempat terpisah, Kepala puskemas memberikan keterangan kepada awak Media yang mana Bidan tersebut telah mendapatkan perintah/ijin tertulis dari Pimpinan Puskesmas, Mengingat jangkauan dari Puskesmas ke desa Lembu sangat jauh." paparnya.

Dari sumber Wilayah yang berbeda, dusun Ngelu desa Jatilawang kecamatan Wonosamudro kabupaten Boyolali dari beberapa keterangan warga, bahwa Bidan berinisial (T) yang mana Bidan tersebut bertugas di desa Lembu kecamatan Bancak kabupaten Semarang. Juga telah melakukan Malpraktik/ tindakan Medis dengan pungutan Biaya yang beragam mulai dari 80 RB - 100 RB sesuai Obat dan suntikan di wilayah tersebut.

Dalam Undang-Undang Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan (“UU Tenaga Kesehatan”) terbaru, tenaga kebidanan adalah salah satu jenis tenaga kesehatan. Jenis tenaga kesehatan di kelompok tenaga kebidanan ini adalah bidan. Pasal 11 ayat (1) dan (5) UU Tenaga Kesehatan.

Sebagai salah satu tenaga kesehatan, bidan dalam menjalankan praktik harus sesuai dengan kewenangan yang didasarkan pada kompetensi yang dimilikinya (lihat Pasal 62 ayat (1) UU Tenaga Kesehatan). Menurut penjelasan Pasal 62 ayat (1) huruf c UU Tenaga Kesehatan, yang dimaksud dengan "kewenangan berdasarkan kompetensi" adalah kewenangan untuk melakukan pelayanan kesehatan secara mandiri sesuai dengan lingkup dan tingkat kompetensinya, antara lain untuk bidan adalah ia memiliki kewenangan untuk melakukan pelayanan kesehatan ibu, pelayanan kesehatan anak, dan pelayanan kesehatan reproduksi perempuan dan keluarga berencana.

"Jelas jelas ini sudah melanggar Undang Undang tenaga kesehatan pasal 62 ayat (1) UU Tenaga Kesehatan, dan di kenakan sangsi administratif. Ketentuan sangsi ini di atur dalam pasal 82 ayat (1) UU kesehatan.

(AGUNG)

Menkes Indonesia Dugaan Malapraktik Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang Jawa tengah Desa Lembu
Agung widodo

Agung widodo

Previous Article

Pasca OKC Pastikan Aman Dari Covid-19, 333...

Next Article

Hadapi PPKM Mikro, Babinsa Aktif Berikan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Suhardi

Pardal Riyanto

Pardal Riyanto

Postingan Bulan ini: 78

Postingan Tahun ini: 221

Registered: Apr 15, 2021

siswandi

siswandi

Postingan Bulan ini: 51

Postingan Tahun ini: 202

Registered: Apr 13, 2021

Eka Putra

Eka Putra

Postingan Bulan ini: 46

Postingan Tahun ini: 121

Registered: Apr 16, 2021

Yulistar

Yulistar

Postingan Bulan ini: 38

Postingan Tahun ini: 114

Registered: Apr 15, 2021

Profle

Ryawan Saiyed

Terdakwa Agung Sucipto, JPU Tanya Saksi Peran NA, Asdar Akbar: Sidang Aneh
Anggota DPR RI Azikin Solthan Minta Kementan  Distribusikan Alsintan ber-SNI 
Akhirnya Pembunuh Mantan Istri Buron Selama 66 Bulan Berakhir Di Tangan Team Opsnal Polsek Pinggir
Waspada Pencurian Sepeda Motor di Bengkalis, MS Gasak Yamaha Jupiter Saat Parkir Tanpa Kunci Ganda

Follow Us

Recommended Posts

BC Bengkalis Sita Rokok Ilegal Tanpa Pita Cukai Dari Penumpang RoRo KMP Citra Mandala Abadi
Antisipasi Lonjakan Akibat Varian Baru, Forkopimda Jember Angkat Bicara, Cegah Penyebaran Covid 19
Koramil 0824/12 Kaliwates Bekali Wawasan Kebangsaan Masyarakat Kelurahan Kepatihan
Dandim 0824/Jember Ajak KBT Bantu Masyarakatkan Protokol Kesehatan
Polda Sulteng Menggelar Apel Konsolidasi Berakhirnya Operasi Mantap Praja Tinombala 2020