Serba Serbi Software Pembukuan Keuangan: Definisi, Fitur dan Manfaatnya untuk Bisnis

Serba Serbi Software Pembukuan Keuangan: Definisi, Fitur dan Manfaatnya untuk Bisnis
Serba Serbi Software Pembukuan Keuangan

JAKARTA - Software pembukuan keuangan sudah menjadi semacam kebutuhan penting dalam sebuah bisnis. Tak hanya perusahaan-perusahaan skala besar, pelaku usaha menengah hingga bawah pun rasanya wajib memiliki software keuangan demi keefektifan pengelolaan anggaran bisnis mereka.

Tak hanya itu saja, menggunakan software keuangan juga akan membantu perusahaan Anda dalam mengelola keuangan secara lebih cepat, praktis dan tentu saja akurat. Jika dibandingkan menggunakan sistem pembukuan manual, menggunakan software keuangan jelas jauh lebih praktis.

HARIINI.CO.ID
market.biz.id HARIINI.CO.ID
20% Rp 125.000
Beli sekarang!

Jika sedang mencari tahu tentang apa itu software pembukuan akuntansi dan manfaatnya bagi perusahaan, maka Anda berada di laman yang sangat tepat saat ini. Kali ini kami akan membagikan informasi seputar software pembukuan beserta fitur dan manfaatnya dalam sebuah bisnis.

Mengenal Apa Itu Software Pembukuan Keuangan?
Software pembukuan dapat didefinisikan sebagai seperangkat sistem yang dirancang khusus untuk mendukung berbagai kegiatan akuntansi berbasis modularitas. Di dalam software keuangan ini terdiri atas modul pembelian (account payable), penjualan (account receivable), buku besar, penggajian, dan masih banyak lagi. Umumnya, software keuangan ini juga bisa dikembangkan oleh sebuah perusahaan di mana pihak perusahaan akan bekerjasama dengan pihak developer penyedia software keuangan.

OMBUDSMAN.CO.ID
market.biz.id OMBUDSMAN.CO.ID
20% Rp 125.000
Beli sekarang!

Adapun tujuan utama pembuatan software pembukuan keuangan ini ialah untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan perusahaan. Contohnya seperti neraca (balance sheet), laporan laba rugi (profit loss statement), cash flow, maupun laporan akhir.

Dalam proses penginputan data, Anda harus menyusun ledger sesuai kode nama yang jelas. Dengan begitu, ledger yang dibuat pun akan memiliki pos-pos tersendiri untuk setiap posisi laporan keuangan, ledger neraca, laba rugi, manufaktur dan lain sebagainya.

JURNALIS.TV
market.biz.id JURNALIS.TV
20% Rp 125.000
Beli sekarang!

Software keuangan juga bekerja secara real time dari berbagai element yang sudah saling berhubungan sebelumnya. Oleh sebab itu, tanpa perlu menunggu lama lagi, Anda pun akan mendapatkan hasil laporan laba rugi secara cepat dan tentu saja akurat. Berbagai kegiatan penjualan, pembelian, produksi, hingga pengeluaran biaya lainnya dalam perusahaan akan terinput otomatis di dalam jurnal akuntansi.

Selain itu, data-data keuangan ini juga akan terus terupdate secara otomatis sesuai transaksi yang berlangsung di dalam perusahaan. Inilah yang membuat banyak pelaku usaha menggunakan software pembukuan keuangan karena membuat segala pencatatan keuangan perusahaan menjadi lebih praktis.

Fitur-Fitur Penting di Dalam Software Keuangan Pembukuan
Setelah mengetahui apa itu software keuangan, selanjutnya kami akan membahas tentang fitur-fitur penting yang wajib dimiliki oleh sebuah software keuangan. Lalu, apa saja fitur-fitur penting tersebut? Berikut ulasan selengkapnya untuk Anda.

1. Fitur Laporan Keuangan
Kehadiran fitur laporan keuangan termasuk elemen paling utama di dalam sebuah software keuangan. Sebuah software keuangan wajib memiliki kemampuan dalam memproses data akuntansi double entry dan akuntansi akrual. Tak hanya itu saja, beberapa fitur penting lainnya yang harus dimiliki ialah laporan neraca untuk menganalisis kondisi keuangan, laporan laba rugi, perubahan modal, arus kas, laporan jurnal, dan laporan buku besar.

BIGISSUE.ID
market.biz.id BIGISSUE.ID
20% Rp 125.000
Beli sekarang!

2. Fitur Manajemen Utang Piutang
Fitur selanjutnya yang juga sangat penting dimiliki di dalam sebuah software pembukuan keuangan ialah fitur manajemen utang piutang. Kehadiran fitur yang satu ini sangat membantu Anda dalam membuat laporan utang dan piutang dari pelanggan maupun supplier. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam mengontrol jadwal waktu jatuh tempo utang yang wajib dibayarkan oleh pelanggan dan juga supplier.

3. Fitur Purchasing
Fitur purchasing akan membantu Anda dalam melihat status dan laporan transaksi sebuah perusahaan seperti transaksi jatuh tempo, pelunasan dan kegiatan lainnya. Sebuah software keuangan juga sebaiknya memiliki fitur dalam pembuatan faktur dan retur pembelian, pembelian hingga fitur pengiriman pada supplier produk.

4. Fitur Budgeting
Kemudian ada pula yang disebut dengan fitur budgeting. Fitur ini akan membantu Anda dalam mencatat segala jenis laporan tentang budgeting yang telah dibuat. Beberapa contohnya adalah seperti pembuatan anggaran bersisa atau tak bersisa yang dapat disesuaikan dengan periode aktivitas bisnis perusahaan. Kelebihan lain dari fitur budgeting ini ialah mampu menghitung laba dan rugi perusahaan.

5. Fitur Financial Forecasting
Fitur yang satu ini juga termasuk fitur yang paling vital dalam sebuah software pembukuan. Sesuai namanya, financial forecasting akan membantu Anda melakukan estimasi biaya pendapatan dengan tepat. Dengan begitu, Anda bisa menghilangkan biaya yang tidak perlu sehingga profit perusahaan pun menjadi lebih maksimal.

Alasan Mengapa Software Keuangan Dibutuhkan Perusahaan
Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisnis Anda perlu software keuangan yang mampu memudahkan Anda:
1. Keamanan data yang terjamin
Software keuangan berbasis cloud mampu menambahkan metode penyimpanan Info keuangan yang lebih aman daripada yang berbasis desktop. Data secara teratur dapat dukungan ke server di beberapa wilayah oleh penyedia

24JAM.CO.ID
market.biz.id 24JAM.CO.ID
20% Rp 125.000
Beli sekarang!

SaaS, dan tidak ada hard drive fisik atau komputer yang berisi data sensitif yang mampu dicuri. Karena keamanan Info merupakan hal yang amat mutlak dalam bisnis apapun, jikalau berlangsung kebakaran dan bencana alam maka Anda tidak wajib risau untuk kehilangan data.

2. Sinkronisasi data
Software keuangan berbasis cloud mampu menyinkronkan rekening bank Anda secara otomatis supaya Anda tidak wajib mengimpor transaksi atau memverifikasi pengeluaran secara manual. Jika 84 persen bisnis yang memanfaatkan software berbasis cloud mampu memangkas biaya penerapannya, maka ini adalah indikator yang bagus bahwa bersama penerapan akuntansi online Anda tidak wajib lagi sibuk untuk melakukan hal berikut secara manual dan Anda mampu melakukan pekerjaan lain yang lebih penting.

3. Dapat dibuka oleh beberapa user secara bersamaan
Begitu Anda capai titik di mana bisnis Anda idamkan melakukan kolaborasi untuk selesaikan tugas tertentu, bersama manfaatkan software keuangan berbasis cloud, maka melakukan kolaborasi bersama klien atau karyawan Anda bersama lebih mudah. Dengan ada fitur multi user, Anda mampu memberi akses kepada klien atau karyawan Anda berkenaan data keuangan dan proses pembukuan Anda, yang mampu mereka akses berasal dari jarak jauh. 

Ini akan memperlancar rangkaian kerja, dan memungkinkan Anda bertanya kepada penasihat atau pertanyaan akuntan Anda secara langsung, semuanya berdasarkan pada versi dokumen yang paling mutakhir. Fitur multi user sebabkan komunikasi mampu berlangsung secara cepat dan menghemat waktu.

4. Data yang akurat
Software ini mampu mengimbuhkan akurasi bersama menyederhanakan proses pengimporan data dan menghilangkan kesalahan pemasukan ganda atau terjadinya human-error lainnya yang barangkali terjadi.
Dengan punya pengecekan bawaan yang secara otomatis mampu mengidentifikasi entri duplikat, dan menghindar kesalahan lainnya, inilah mengapa software keuangan berbasis cloud amat wajib dimiliki oleh bisnis Anda.

5. Mencegah akses berasal dari orang tak dikenal
Sama layaknya dikala Anda tidak idamkan orang asing mengakses gambar atau dokumen Google Anda, pengguna yang tidak dikenal akan sulit untuk mengakses data mutlak yang sudah disimpan di cloud. Ijin masuk untuk software keuangan berbasis cloud cuma mampu dibuka oleh orang yang sudah ditunjuk untuk melihat dan mengakses Info keuangan Anda supaya data bisnis Anda akan amat terlindungi secara maksimal.

6. Waktu downtime yang minimal
Seperti software online atau desktop lainnya, pembaruan keamanan berkala dan pembaruan software amat mutlak untuk melindungi supaya program selamanya berlangsung bersama lancar. Software keuangan berbasis cloud termasuk tidak tidak sama bersama yang lain. Namun, selagi downtime pada umumnya tidak lama dan Anda termasuk akan diberi pemberitahuan kalau akan berlangsung downtime dan termasuk upgrade.
Manfaat Software Keuangan
Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari menggunakan software keuangan. Untuk lebih jelasnya, silahkan menyimak beberapa poin penting berikut.

1. Menghemat Waktu
Dengan menggunakan software keuangan, maka pekerjaan Anda dalam melakukan pengelolaan keuangan perusahaan menjadi lebih hemat waktu dan tenaga. Para akuntan di setiap perusahaan tentu bisa memanfaatkan sisa waktu lainnya untuk mengejar deadline pekerjaan yang belum terselesaikan.

2. Akurasi Menjadi Lebih Maksimal
Tidak bisa dipungkiri jika melakukan proses pembukuan akuntansi secara manual akan menjadi sangat rumit dan merepotkan. Oleh sebab itu, diperlukan ketelitian super tinggi bagi para akuntan saat melakukan pencatatan keuangan ini. Namun, kehadiran software pembukuan keuangan akan membuat semua proses pencatatan akuntansi tersebut menjadi semakin praktis dan gampang.

Tak hanya itu saja, menggunakan software keuangan juga akan meminimalisir resiko error yang sering terjadi saat melakukan penginputan secara manual.

Kepiting Goreng Spesial
market.biz.id Kepiting Goreng Spesial
13% Rp 8.509
Beli sekarang!

3. Menghemat Biaya Operasional
Tak hanya menghemat waktu dan tenaga, memanfaatkan software keuangan juga membantu perusahaan dalam menghemat biaya operasional. Sehingga, perusahaan pun tak perlu mengeluarkan anggaran khusus untuk lembur karyawan dalam melakukan pengerjaan akuntansi. Begitu halnya untuk biaya pencetakan dokumen, perusahaan pun bisa menghemat anggarannya karena semua data akuntansi perusahaan tersimpan rapi dan aman secara digital tanpa perlu dicetak lagi.

4. Membantu Pengelolaan Arus Kas
Manfaat lain dalam menggunakan software keuangan ialah untuk mengelola arus kas perusahaan. Dengan begitu para akuntan menjadi lebih mudah untuk melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan perusahaan secara akurat. Tak hanya itu saja, fitur pengelolaan arus kas ini juga bisa menjadi alat perencanaan sekaligus alat evaluasi demi keberlanjutan perusahaan di kemudian hari.

5. Monitoring Data Keuangan
Software pembukuan keuangan juga membantu para akuntan dalam memonitoring kondisi keuangan perusahaan secara real time sehingga tak perlu menunggu periode pembukuan yang pada umumnya dilakukan setiap bulan atau akhir tahun. Proses monitoring ini juga sangat fleksibel karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Penutup
Nah, demikianlah informasi tentang seluk-beluk tentang software pembukuan keuangan pada artikel kali ini. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari jenis software akuntansi perusahaan yang kredibel dan terpercaya.
Perlu Anda ketahui bahwa dalam memilih sebuah software keuangan tentulah tak boleh sembarangan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan mulai dari harga, biaya yang ditawarkan hingga fitur-fitur yang dihadirkan.

Salah satu jenis software keuangan terpercaya dan telah digunakan oleh banyak perusahaan dan pelaku usaha menengah ke bawah ialah software keuangan dari Jurnal by Mekari. 
Aplikasi Jurnal by Mekari merupakan aplikasi laporan keuangan yang multiguna yang dibuat untuk dapat memudahkan pemilik usaha dalam mencatat pembukuan usahanya. Jika dulu seorang wirausaha mencatat pembukuan melalui buku secara manual, kini pembukuan usaha bisa dibuat melalui aplikasi handphone. 

Saat ini, media digital menjadi semakin populer secara keseluruhan. Tidak terkecuali dalam dunia ekonomi dan bisnis. Tahun ini Penggunaan teknologi yang begitu populer yaitu aplikasi laporan keuangan. Jurnal by Mekari saat ini telah menjadi salah satu aplikasi laporan keuangan yang cukup terkenal. Bahkan banyak kelebihan aplikasi Jurnal by Mekari yang bisa Anda dapatkan.

Aplikasi laporan keuangan Jurnal by Mekari dapat digunakan untuk mencatat seluruh transaksi hingga jumlah yang tidak terbatas. Hal ini dapat dilakukan berkat dukungan database yang dimiliki Jurnal by Mekari. Data ini dapat diakses di mana saja tanpa mengenal waktu.

Anda juga dapat melakukan pencarian terhadap transaksi atau stok barang hanya dalam beberapa detik. Kelebihan lain dari Jurnal yaitu menyediakan perhitungan secara otomatis. Jadi, Anda Tidak perlu lagi memikirkan tentang perhitungan pada laporan keuangan. Semuanya sudah dilakukan secara sistematis dan akurat.

software keuangan
Ernest Hendri

Ernest Hendri

Artikel Sebelumnya

Puan Maharani: Pemerintah Perlu Antisipasi...

Artikel Berikutnya

Sufmi Dasco: Masalah Emisi Karbon Perlu...

Berita terkait

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 184

Postingan Tahun ini: 3187

Registered: Apr 8, 2021

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 142

Postingan Tahun ini: 2343

Registered: May 25, 2021

Narsono Son

Narsono Son verified

Postingan Bulan ini: 72

Postingan Tahun ini: 610

Registered: Jul 9, 2020

Siswandi

Siswandi verified

Postingan Bulan ini: 68

Postingan Tahun ini: 880

Registered: Jul 11, 2020

Profle

Narsono Son verified

Berjuang Jadi Pejabat Keimigrasian, 7 ASN Kemenkumham Jateng Ikuti Ujian Tertulis
Dandim Tegal Membacakan Amanat Danrem 071/WK Pada Upacara Awal Bulan Agustus
Droping Material Terus Dilakukan ke Sasaran Fisik TMMD Kodim Tegal
Sejumlah Sasaran Infrastruktur di TMMD Kedung Kelor Sudah Nampak Hasilnya

Rekomendasi

Penasehat Hukum Syahputra Lubis SH Minta Hakim di Pengadilan Negeri Medan Bersikap Bijaksana
Kedapatan Simpan Sabu AA Warga Kendalsari Rungkut Surabaya Dibekuk Polisi
Korban Rumah Terbakar di Kelurahan Danga Terima Bantuan dari Dinas Sosial Nagekeo
Lepas Kontingan Bola Voli Kota Solok Ke Kejurprov, Kapolres AKBP Ahmad Fadilan: Tetap Semangat dan Junjung Sportifitas
Ketua GOW Bukittinggi Sambut Rombongan GOW Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu

Ikuti Kami